Petani bawang di Magetan.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Panen Raya, Harga Bawang Merah di Magetan Petani Pilih Tunda Panen dan Simpan Panenan 

Selasa, 29 Agustus 2023 - 14:50 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Sejak satu bulan terakhir, harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Magetan terus mengalami penurunan, dari harga Rp40 ribu anjlok hingga harga Rp20 ribu per kilogram. 

Budiono (43) pedagang sembako di Pasar Sayur Magetan mengaku harga bawang merah saat ini, Selasa (29/8) hanya berkisar Rp20 ribu. Turunnya harga bumbu dapur ini lantaran adanya panen raya di berbagai daerah.

“Saat ini harganya terus turun hingga Rp20 ribu dari biasanya Rp35 hingga Rp40 ribu per kilo. Saat ini kan bawang merah sedang panen raya,” ujarnya. 

Terpisah, Jumirin (45) salah satu petani bawang merah di Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, mengaku, harga jual bawang di lahan (sawah) anjlok hanya Rp8 ribu saja per kilonya. 

“Laku dijual ya memang laku, tapi harga jualnya itu lo sekarang sangat parah mas, hanya 8 ribu saja jual di lahan,” ungkap Jumirin sambil tunjukkan hasil panenan bawang di sawahnya. 

Jumirin mengaku, harga jual idealnya bagi petani itu minimal Rp15 ribu per kilogram. Harga tersebut sudah bisa menutup biaya produksi termasuk pupuk, biaya angkut, dan juga pekerja di samping sedikit mendapat untung. 

“Seharusnya itu ya Rp15 ribu di lahan mas, segitu baru kita dapat untung,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
Viral