Warga Paltuding, Wongsorejo, Banyuwangi bisa menikmati air bersih.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Sempat Lama Mangkrak, Warga Wongsorejo Banyuwangi Bisa Nikmati Air Bersih

Selasa, 29 Agustus 2023 - 18:50 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Air bersih yang diidamkan warga Dusun Palpitu, Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi akhirnya terwujud. Air bersih yang mangkrak bertahun-tahun ini bisa mengalir, Selasa (29/8). Hal ini setelah anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah turun tangan. Proyek air bersih dibangun di lokasi. 

Selama ini, kawasan Palpitu dikenal dengan wilayah rawan kekeringan. Bahkan, setiap tahun warga kesulitan mendapatkan air bersih. Tak jarang, suplai air bersih dibawa ke wilayah ini ketika musim kemarau. 

"Alhamdulillah hari ini, air bersih yang diharapkan warga Dusun Palpitu, Desa Wongsorejo telah mengalirkan air, dapat dimanfaatkan," kata Sumail Abdullah disela mengunjungi lokasi pengeboran air bersih. 

Proyek pengeboran air bersih ini sejatinya sudah dibangun sejak tahun 2020. Namun, sampai tiga tahun air yang dibor tidak bisa dioperasikan. Penyebabnya, tidak ada rumah pompa air.

Kondisi ini membuat politisi Gerindra turun tangan. Proyek pembuatan rumah pompa terlaksana dari Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air (Ditjen SDA). Proyek ini dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) Jawa Timur. 

"Air bersih ini bisa untuk konsumsi rumah tangga," beber pria asli Kecamatan Wongsorejo ini.

Proyek air bersih ini tak hanya untuk konsumsi. Namun, dimanfaatkan untuk pertanian. Tak hanya air bersih, sejumlah proyek infrastruktur diturunkan di Wongsorejo. Diantaranya, jembatan gantung, rumah susun, termasuk 4 jembatan di jalur Pantura Banyuwangi - Situbondo dan sejumlah proyek lain. (hoa/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral