Cangkrukan Kamtibmas Kapolres Nganjuk.
Sumber :
  • Kasianto

Perkuat Peran Tiga Pilar, Kapolres Nganjuk: Kamtibmas Hingga Tingkat Desa Wujudkan Pemilu Damai

Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:51 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Upaya untuk mewujudkan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Nganjuk damai, Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad meminta, untuk memperkuat peran tiga pilar yaitu TNI-Polri dan pemerintah dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa di seluruh Kabupaten Nganjuk.

Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad menyampaikan, pentingnya peran tiga pilar tingkat desa yakni pemerintahan desa, babinsa dan bhabinkamtibmas ditambah kehadiran ulama. Kamtibmas sebagai “problem solving” dari berbagai permasalahan yang timbul di tengah masyarakat.

"Terlebih di tahun politik ini, dukung mendukung dan beda pilihan bisa menimbulkan kerawanan, kompleksitas permasalahan seperti maraknya peredaran narkoba, miras, perkelahian antar perguruan, penipuan online dan pelanggaran hukum yang lain, harus disikapi dengan benar," ujarnya.

“Untuk itu diperlukan perkuatan peran serta tiga pilar dan ulama kamtibmas sebagai garda utama dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata AKBP Muhammad, Kamis (31/8).

Senada dengan hal tersebut, Letkol Inf Tri Joko Purnomo SIP Komandan Kodim 0810 Nganjuk juga mengatakan, pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat tidak mutlak milik TNI dan Polri, tetapi merupakan tanggung jawab kita semua.

“Kemitraan tiga pilar bertujuan untuk mencegah gangguan kamtibmas dengan mengedepankan  komunikasi, kordinasi dalam menyelesaikan masalah,jangan didahulukan egonya masing-masing,” kata Letkol Inf Tri Joko.

Lebih lanjut Dandim Nganjuk menambahkan, peran serta masyarakat juga sangat diperlukan dalam kamtibmas, karena gangguan kamtibmas pada dasarnya merupakan produk dari masyarakat. Di samping itu, keterbatasan jumlah aparat keamanan tidak akan sebanding dengan jumlah penduduk dan luasnya wilayah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral