Hutan Jati di kawasan Gunung Gede Desa Bekare, Kecamatan Bungkal, terbakar..
Sumber :
  • tvOnenews - Aries Batara

Gunung Gede Ponorogo Terbakar, Api Mulai Menjalar Dekati Permukiman

Selasa, 5 September 2023 - 00:55 WIB

tvOnenews.com - Hutan Jati di kawasan Gunung Gede Desa Bekare, Kecamatan Bungkal, terbakar. Bahkan titik lokasi kebakaran semakin luas dan mulai mendekati ke permukiman warga

Diperkirakan luas lahan dan hutan yang terbakar di RPH Slahung BPKPH Ponorogo Selatan, KPH Lawu DS mencapai 15 hektar. Kebakaran hutan juga merembet hingga ke kawasan hutan Gunung Galak yang berada Desa Galak dan Truneng Kecamatan Slahung. 

Api semakin membesar dan meluas karena banyaknya dahan kering ilalang serta tiupan angin yang cukup kencang.

Kordinator Posdalop BPBD Ponorogo, Hadi Susanto saat dikonfirmasi media menjelaskan api diketahui muncul pukul sore hari. Bahkan saat malam hari, kobaran api mendekati permukiman warga di Dukuh Manggolo Desa Truneng Kecamatan Slahung. 

"Proses pemadaman kebakaran hutan ini ada dua metode, yakni untuk lokasi yang mampu dijangkau mobil Damkar dilakukan pembasahan dengan menyemprotkan air, dan untuk yang tidak terjangkau mobil pemadam, dilakukan secara manual dengan menggunakan ranting pohon," terang Hadi.

Sementara itu menurut Wahyudi warga sekitar menuturkan kebakaran lahan hutan Jati di Gunung Gede ini sudah kedua kalinya dalam seminggu ini. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral