Pembersihan rumput liar dan sampah di Kali Jelita.
Sumber :
  • dimas farik

Menumpuk di Tengah Kali Jelita, TNI Polri Bersama Warga Sekitar Bersihkan Rumput Liar dan Sampah

Selasa, 5 September 2023 - 14:22 WIB

Bangkalan, tvOnenews.com - Kali Jelita di Bangkalan, Madura dipenuhi oleh tumpukan sampah dan rumput liar. Sampah liar yang menumpuk di tengah kali tersebut, membuat arus air tertutup. Guna air kali berjalan dengan normal, sejumlah Tentara Nasional Indonesia (TNI)  Angkatan Laut bersama Polri dan pelajar bergerak dengan melakukan pembersihan terhadap tumpukan sampah liar, di sepanjang Kali Jelita, Desa Bilahporah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan.

Tak hanya sampah rumput liar, sampah bekas rumah tangga juga tebal di tengah Kali Jelita, hingga membuat arus air kali terhambat untuk mengalir.

Menurut Letkol Laut Iman Ibnu Hajar, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Batuporon, Bangkalan mengatakan, aksi bersih-bersih lingkungan jelang ulang tahun TNI Angkatan Laut ke-78, dan dilakukan secara serentak di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Dalam rangka menyambut HUT TNI Angkatan Laut ke-78 tahun. Aksi bersih-bersih dilakukan secara serentak di 78 titik di wilayah Indonesia," tuturnya, Selasa (5/9).

Lanjutnya, Letkol Laut Imam mengatakan, bersih-bersih dilakukan sebagai upaya agar warga ikut tergugah untuk membersihkan lingkungan dari sampah

"Banyak sekali (sampahnya), kali kotor dari sampah. Dengan melakukan kebersihan kali atau pun sungai, masyarakat merasa tergugah untuk melakukan kebersihan di lingkungan sekitar rumah," terangnya.

Sementara Hasyim, seorang pelajar yang terlibat langsung aksi bersih Kali Jelita Bangkalan menambahkan, rumput liar yang telah dibersihkan tersebut kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
08:40
Viral