Ular piton di pemukiman warga berhasil ditangkap.
Sumber :
  • happy oktavia

Geger! Ular Piton Sepanjang Empat Meter Masuk ke Perkampungan Warga Banyuwangi

Jumat, 8 September 2023 - 11:50 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Seekor ular piton masuk ke perkampungan warga di Kelurahan Panderejo, Kecamatan Banyuwangi, Kamis (7/9) malam. Warga dibuat geger. Binatang melata ini berhasil diamankan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kejadian ini berawal dari ditemukannya ular piton yang bergerak dari arah sungai ke perumahan warga. Warga kemudian berusaha mengusirnya. Ular raksasa ini akhirnya kabur ke sungai. Merasa ketakutan, warga melaporkan kejadian ini ke petugas damkar. 

“Laporan kami terima pukul 21.30 WIB. Tim kemudian bergerak ke lokasi,” kata Asmuni, petugas Damkar, Jumat (8/9).

Tiba di lokasi, petugas langsung menyisir tempat kaburnya ular. Petugas kemudian berhasil menemukannya. Meski keberadaannya diketahui, petugas dibuat kesulitan menangkap ular tersebut. Setelah berjibaku sekitar 30 menit, petugas berhasil menangkap ular tersebut.

Lokasi persembunyian ular ini cukup curam, sekitar 50 meter. Proses evakuasi pun berlangsung dramatis. Alat penjepit milik petugas sempat hilang terbawa arus. Saat ditangkap, ular piton ini ternyata baru saja memangsa seekor biawak. Di lokasi, ditemukan bangkai biawak berukuran besar.

Versi warga, keberadaan ular piton ini cukup mengagetkan. Sebab, belum pernah terlihat sebelumnya. Diduga, ular ini keluar sarang untuk mencari mangsa. Ketika ditangkap, keluar seekor biawak dari perut ular tersebut. Ular piton yang tertangkap kemudian diserahkan ke Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) Banyuwangi. 

“Ular sudah kita serahkan ke BKSDA. Panjangnya sekitar empat meter,” tutup Asmuni. (hoa/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:23
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
Viral