Kawah Ijen Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Sah!! Geopark Ijen Ditetapkan Masuk Jaringan Global di Maroko

Jumat, 8 September 2023 - 12:15 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Perjuangan Banyuwangi memperjuangkan Ijen masuk geopark dunia membuahkan hasil. Geopark Ijen akhirnya ditetapkan sebagai jaringan geopark dunia di Marrakesh, Maroko, Jumat (8/9). Penetapan ini diumumkan dalam Konferensi Internasional UNESCO Global Geopark (UGG) ke-10 yang berlangsung, Kamis (7/9) hingga Sabtu (9/9).

Geopark Ijen menjadi salah satu jaringan dunia dari 195 geopark dunia yang tersebar di 48 negara. Ajang ini diinisiasi UNESCO yang merupakan lembaga PBB dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. 

“Penetapan Geopark Ijen sebagai Unesco global geopark akan meningkatkan kepedulian masyarakat internasional. Harapannya, mendorong kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Tentu ini menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani melalui sambungan telepon, Kamis (8/9).

Geopark Ijen merupakan taman bumi yang memiliki keunikan bentang alam dan kekayaan budaya. Lalu, didukung semangat mewujudkan wisata berkelanjutan. 

“Anugerah alam Banyuwangi ini akan terus kami lestarikan. Sembari terus kami kelola dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Di sela penetapan Geopark Ijen, Banyuwangi akan menandatangani kerjasama internasional dalam pengelolaan UGG. Diantaranya, UGG Langkawi, Malaysia, UGG Aso, Jepang dan UGG M’Goun, Maroko. Kerjasama ini akan bergerak dalam pertukaran pengetahuan, riset dan lainnya. Sehingga, UGG bisa lebih baik.

Selama ini, Geopark Ijen memiliki wahana unik. Selain  api biru di Kawah Ijen, juga bagian dari lempeng Australia. Kondisi ini menjadikan Banyuwangi memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:29
02:52
06:56
11:04
11:40
06:22
Viral