Inspiratif! Koin Warga Mampu Renovasi Rumah di Semarang, Mbah Sarinem Tak Lagi Merasakan Kasur Jelek.
Sumber :
  • tim tvone - Didiet Cordiaz

Inspiratif! Koin Warga Mampu Renovasi Rumah di Semarang, Mbah Sarinem Tak Lagi Merasakan Kasur Jelek

Jumat, 8 September 2023 - 19:57 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kecamatan Semarang Tengah miliki program untuk membantu warga kurang mampu dengan mengumpulkan uang koin dari warga untuk warga. Program ini bahkan sudah mulai dilakukan sejak dua bulan yang lalu.

Uang koin yang terkumpul bahkan mencapai Rp35 juta dan dimanfaatkan untuk membantu merenovasi rumah warga yang tidak layak huni. Bahkan memberikan berbagai bantuan, mulai dari sembako bagi lansia, kursi roda bagi difabel hingga mesin pompa air untuk menyedot air banjir saat musim hujan tiba.

Hal tersebut sontak diapresiasi Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang datang untuk meresmikan renovasi rumah tak layak huni dari hasil pengumpulan uang koin warga.

"Ini sangat luar biasa. Di rumah itu kan koin kadang buat kerikan, tapi ternyata bermanfaat bagi masyarakat, kita tahu bahwa dua bulan saja bisa Rp 35 juta," kata Ita, sapaan akrabnya, usai meresmikan renovasi rumah di Kelurahan Pendrikan Lor Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2023).

Diakui Ita, jika kegiatan tersebut harus menggunakan dana APBD, maka tidak bisa secepat ini untuk memberikan bantuan. Pasalnya, harus ada laporan pertanggungjawaban yang dibuat untuk melaporkan pengeluaran anggaran tersebut.

"Kalau pakai APBD susah SPJnya. Ini Jumat bersedekah koin program sangat luar biasa," bebernya. 

Bahkan menurut Ita, program ini dinilai mampu mengentaskan kemiskinan ekstrim. Di sisi lain, ia juga mengapresiasi stakeholder terkait yang turut serta dalam menjalankan program ini antara lain PKK, banser, karang taruna, Babinsa, Babinkamtibmas, dan lainnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral