4 Jalur Pendakian Gunung Lawu di Jatim dan Jateng Ditutup.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Antisipasi Kebakaran Hutan, 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu di Jatim dan Jateng Ditutup

Minggu, 10 September 2023 - 11:45 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Memasuki puncak musim kemarau, pihak administratur Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lawu DS, menutup sementara 4 jalur pendakian Gunung Lawu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan dilakukan dengan kesepakatan bersama di 4 jalur pendakian, diantaranya di pos pendakian via Cemoro Sewu dan Singolangu di Plaosan,, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kemudian Pos Pendakian via Cemoro Kandang dan Candi Ceto di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Menurut keterangan Supriyanto KRPH Sarangan, penutupan jalur pendakian ini dilakukan sesuai surat Pemberitahuan Admistratur KPH Lawu DS nomor 0255/043.7/LWU/ 2023, perihal tanggap darurat kebakaran hutan pada lokasi wisata Gunung Lawu, terhitung sejak pukul 17.00 WIB pada Sabtu (9/9). 

“Penutupan ini atas perintah pimpinan untuk antisipasi kebakaran hutan yang kemarin terjadi di hutan lindung wilayah Ngawi,” ujar Suprianto, Minggu (10/9). 

Supriyanto mengaku penutupan jalur pendakian ini terpaksa dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kembali kebakaran hutan lindung maupun hutan produksi di wilayah hutan Gunung Lawu, karena saat ini sudah memasuki puncak musim kemarau.

Sebelumnya, kebakaran hutan lindung seluas 8 hektar sempat terjadi di petak 33 dan 39 RPH Manyul BKPH Lawu Utara masuk Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi pada tanggal 4 September 2023. Sepekan sebelumnya kebakaran hutan lindung juga terjadi pada petak 42-1 dan petak 62A-2 masuk RPH Tlogodringo BKPH Lawu Utara.

“Karena ini sudah memasuki puncak kemarau, jadi atas perintah pimpinan kami tutup sementara pendakian puncak Gunung Lawu mengantisipasi kelalaian pendaki yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral