Street Soccer di Surabaya.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Beda dengan Futsal, Geliat Street Soccer di Surabaya Tonjolkan Teknik dan Skill Tinggi

Senin, 11 September 2023 - 16:01 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Sepak bola jalanan atau street soccer mulai tumbuh di sejumlah daerah di Indonesia. Termasuk mulai terbentuk perkumpulan street soccer Indonesia atau Perssoci Kota Surabaya, dimana merupakan induk olahraga yang tergabung di Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kota Surabaya.  

Perssoci menggelar sertifikasi pelatihan pelatih lisensi nasional yang diikuti puluhan peserta. Diharapkan perhelatan ini dapat mengembangkan olahraga street soccer di kota pahlawan.

Street soccer merupakan olahraga sepak bola jalanan, yang berasal dari Amerika dan Kanada.  Beberapa atlet sepak bola dunia juga banyak awalnya berasal dari olahraga street soccer tersebut. Dengan semakin tumbuhnya sepak bola jalanan di berbagai daerah, khususnya Kota Surabaya membuat Perkumpulan street soccer Indonesia Kota Surabaya mulai mempercepat perkembangan street soccer di Kota Surabaya.

Ketua Umum Perssoci, Jaelani Saputra mengatakan, street soccer pada dasarnya sama dengan futsal.  Namun ada aturan di dalam permainan sepak bola jalanan ini. Jumlah pemainnya sama dengan futsal yakni empat orang, terdiri dari tiga pemain dan satu keeper.

“Namun hanya yang membedakan adalah lapangan dan peraturannya,” ungkap Jaelani Saputra, Ketua Umum Perssoci.

Perbedaan lainnya, gawang street soccer lebih pendek dan lebih lebar dari gawang futsal. Hal menarik lainnya dari street soccer adalah para pemain yang ada di lapangan, bakal terbebas dari peraturan out.

“Meski begitu, pemain juga bisa mendapat out, jika bola yang ditendang melebihi batas tinggi maksimal, yakni sebatas pundak orang dewasa,” jelas Jaelani.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral