Atlet paralayang yang tersangkut di pohon.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Parasut Tak Sesuai Standar, Atlet Paralayang Porprov Jatim Terjun dan Tersangkut di Pohon

Selasa, 12 September 2023 - 15:55 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Gara-gara menggunakan parasut tak sesuai standarnya, Sasa (17) seorang atlet Porprov Jatim dari cabang olahraga Paralayang kontingen Kabupaten Probolinggo jatuh, dan tersangkut di pohon area hutan di wilayah Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten, Madiun, Senin (11/9). 

Beruntung, atlet perempuan yang terbang di kelas putri, untuk mendarat akurasi tersebut hanya tersangkut dan tidak mengalami luka-luka. Namun demikian tim rescue dan kesehatan yang stand by langsung melakukan evakuasi dan memeriksa kesehatannya. 

Samsul Hadi, Mid Director cabang olahraga paralayang Porprov Jatim 2023 membenarkan bahwa ada seorang atlet paralayang, yang mengalami insiden gagal landing dan tersangkut di pohon. 

“Benar, namun itu bukan karena faktor alam ya, karena itu karena faktor parasut yang digunakan adalah parasut paramotor,” kata Samsul di lokasi.

Samsul mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mengingatkan baik kepada atletnya maupun manajernya untuk tidak menggunakan parasut paramotor dan memakai parasut standar untuk paralayang, namun pihak manajer mengaku telah mencobanya dan dianggap layak terbang sehingga tetap memakainya. 

“Jadi kami kemarin sudah mengingatkan untuk tidak dipergunakan, harusnya tadi bisa terbang normal, namun begitu anginya kecil dianya langsung drop dan tidak bisa landing di tempatnya,” imbuhnya.

Ditegaskan, sebelum menerbangkan para atlet, tim panitia telah memakai Standar Operasional (SO) mulai mengukur kecepatan angin maksimal 15 kilometer per jam, parasutnya layak terbang atau tidak. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral