Pengecekan sumur yang diduga tercemar BBM.
Sumber :
  • imron danu

Soal Sumur Warga Tercemar BBM, Pertamina dan Warga Sepakat SPBU Tempurejo Kediri Ditutup

Selasa, 12 September 2023 - 16:09 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Belasan rumah warga RT 13 RW 02, Kelurahan Rempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, diduga tercemar Bahan Bakar Minyak (BBM). Air sumur berubah warna dan mengeluarkan bau minyak, jika disulut api juga terbakar. Merespon temuan itu, Pertamina Patra Niaga merespon dengan mendatangi lokasi untuk mengecek dan menemui warga. 

Taufiq Kurniawan mengatakan, pertemuan dengan warga ini guna meminta persetujuan langkah lanjutan yang akan dilakukan Pertamina. Karena awal muncul pada tanggal 13 Agustus 2023, pihaknya telah melakukan pengujian dengan lab independen dan telah dilakukan uji baku mutu air Labkesda oleh DLHK Kota Kediri. Hasilnya nihil ditemukan pencemaran minyak. 

"Sebelumnya telah dilakukan pengetesan untuk sumur tersebut oleh kami dan DLHK namun hasilnya nihil cemaran minyak," katanya. 

Lanjut Taufiq, pihaknya menyebutkan video yang sempat viral di sumur bu Sulastri merupakan hal yang baru. Untuk kemudian dilakukan penelitian dan pengecekan oleh petugas. 

"Jadi kami minta persetujuan warga untuk dilakukan penelitian menyeluruh terhadap sumur Ibu Sulastri dan disaksikan oleh seluruh warga,” katanya. 

Warga bersama Pertamina sepakat akan melakukan penutupan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tempurejo selama proses pengujian. 

“Selama proses pengujian tersebut, paralel juga akan dilakukan pengosongan tangki SPBU Tempurejo, jadi kami mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat yang hendak isi BBM, bisa mengisi di SPBU terdekat lainnya,” pungkasnya. (min/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:29
03:20
01:09
01:15
00:55
02:07
Viral