17 Desa di Lumajang Alami Krisis Air Bersih Dampak Kemarau Panjang.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

17 Desa di Lumajang Alami Krisis Air Bersih, Warga Andalkan Bantuan Air Bersih Pemerintah

Rabu, 13 September 2023 - 12:59 WIB

Lumajang, tvOnenews.com Kemarau panjang yang terjadi hingga saat ini, mengakibatkan 17 desa di 7 kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami krisis air bersih. 7 Kecamatan yang mengalami kekeringan yakni Kecamatan Tempeh, Gucialit, Padang, Kedungjajang, Klakah, Randuagung dan Ranuyoso.

“Berdasarkan asesmen kami ke desa dan kecamatan, musim kemarau tahun ini terdapat 17 desa di 7 kecamatan yang mengalami kekeringan," ujar Kalaksa BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi kepada tvOnenews.com, Rabu (13/9).

Patria menjelaskan, bahwa guna menangani kebutuhan air bersih warga, pihak BPBD Lumajang setiap hari menerjunkan 4 unit mobil tangki berkapasitas masing-masing 5.000 liter secara bergiliran.

"Setiap hari, kita menerjunkan 4 unit mobil tangki. Setiap mobil tangki akan melakukan suplai 6 rit, jadi setiap hari kita suplai kebutuhan air bersih warga sebanyak 24 rit dengan sasaran 86 titik yang telah disepakati,” jelasnya.

Sementara itu, warga Desa Dadapan, Kecamatan Gucialit mengaku sangat terbantu dengan adanya suplai air bersih dari BPBD Lumajang. Bagi warga, saat ini mereka hanya bisa menggantungkan kebutuhan air bersih dari pemerintah, sejak kekeringan melanda desa mereka sejak 2 bulan terakhir.

“Air sulit sudah lama, sekitar dua bulanan. Selama ini ya beli patungan, kadang juga turun ke desa sebelah untuk ambil air bersih cukup jauh,” ujar Nursiyah.

Nursiyah juga menyatakan bahwa pasokan air bersih ini hanya mereka gunakan untuk kebutuhan air minum, masak dan minum ternak. Sementara untuk kebutuhan mencuci dan mandi mereka tetap harus ke sungai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral