Prof Dr Ririn Tri Ratnasari S.E., M.Si.
Sumber :
  • sandi irwanto

Pentingnya Artificial Inteligence pada Industri Pariwisata Halal, Ini Penjelasan Profesor Ekonomi Bisnis

Kamis, 14 September 2023 - 14:41 WIB

Surabaya, tvOnenews.com Pariwisata halal di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal itu dibuktikan bahwa pada tingkat global, Indonesia menduduki peringkat pertama bersama Malaysia. Selain itu, setelah pulihnya pandemi Covid 19, berbagai sektor seperti pariwisata, resor ramah muslim, hotel, dan restoran akan mengalami pertumbuhan besar di tahun-tahun mendatang.

Hal tersebut, Prof Dr Ririn Tri Ratnasari SE MSi sampaikan dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar yang berjudul Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Teknologi, Sudah Saatnya Menguatkan Sumber Daya Manusia Melalui Sertifikasi Profesional.

“Teknologi menjadi salah satu instrumen penting untuk pengembangan wisata halal, misalnya teknologi Artificial Intelligence (AI),” ungkapnya.
 
Manfaat AI untuk Tingkatkan Wisatawan

Prof. Ririn menyampaikan, bahwa AI mendukung otomatisasi pengembangan pariwisata halal. Pengelolaan pariwisata yang cerdas telah memberikan banyak peluang bagi perusahaan. AI dapat mengembangkan jaringan yang kuat untuk membangun ekosistem dan menghubungkan semua anggota secara dinamis.

Selain itu, di masa mendatang, pariwisata juga akan melibatkan teknologi robotik karena wisatawan ingin mendapatkan pengalaman layanan yang lebih tinggi. AI akan membantu wisatawan muslim dalam memilih destinasi dan paket perjalanan yang sesuai dengan pemasaran di situs perusahaan, dan jaringan media sosial selama fase perencanaan.

“Wisatawan juga dapat memperoleh data langsung dari alat bertenaga AI seperti chatbots. Chatbots dapat membantu perjalanan Muslim mengenali beberapa hal yang relevan dengan perencanaan perjalanan Islam,” tambah Guru Besar bidang Ilmu Pemasaran Islam tersebut.

Menurutnya, AI memainkan peran penting dalam mengevaluasi dan mengubah sejumlah data besar di media sosial yang akan menjadi informasi yang berguna. AI menawarkan solusi yang kuat untuk wisatawan muslim, seperti analitik media sosial dan kerangka kerja rekomendasi pariwisata untuk informasi.
 
Pentingnya Sertifikasi Profesional

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral