Usaha jeep di Wisata Bromo.
Sumber :
  • M Syahwan

Wisata Bromo Masih Tutup, Sopir Jeep di Probolinggo Merugi hingga Puluhan Juta Rupiah

Kamis, 14 September 2023 - 20:39 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Meskipun kebakaran di kawasan Bromo sudah padam, tapi aktivitas wisata masih belum dibuka oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Akibatnya para sopir jeep mengeluh karena tak memiliki penghasilan. Bahkan selama tidak bisa beraktivitas, mereka merugi sampai puluhan juta rupiah.

Umam, salah satu pemilik Armada Jeep mengatakan, biasanya banyak lalu lalang wisatawan maupun warga di sini. Namun saat ini suasananya begitu sepi dan hanya satu dua warga lokal atau wisatawan, di pintu gerbang Cemoro Lawang Kecamatan Sukapura. 

“Sepi mas, orderan sepi sejak awal September ini. Kami sopir jeep pada cari sampingan, ada yang ngarit (cari rumput),” katanya, Kamis (14/9).

Padahal bulan September ini merupakan hari yang ditunggu. Karena di kalender luar negeri, masuk musim liburan. Terutama dari negara Tahiland maupun Taiwan.

Hal senadan juga diutarakan Suko, salah satu pemandu wisata lokal, sekarang banyak yang nganggur akibat imbas musibah kebakaran di kawasan Bromo sejak sembilan hari lalu.

“Ya bisanya cuma menunggu kebijakan dari pengelola (TNBTS). Semoga segera dibuka. Apalagi kalau sudah aman,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral