Ritual Meras Gandrung.
Sumber :
  • happy oktavia

Jelang Gandrung Sewu, 1200 Penari Jalani Ritual Wisuda 

Minggu, 17 September 2023 - 12:21 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Menjelang pagelaran Gandrung Sewu, sebanyak 1.200 penari gandrung menjalani ritual wisuda. Kegiatan ini dikenal dengan tradisi Meras Gandrung

Ritual Meras Gandrung digelar di Pantai Marina Boom, Banyuwangi, Jumat (15/9). Meras Gandrung adalah ritual yang diberlakukan kepada penari gandrung sebagai tanda kelulusan. Biasanya, Meras Gandrung diikuti oleh para penari gandrung profesional atau yang biasa disebut sebagai gandrung terop.

Mereka yang menjalani Meras Gandrung dinyatakan siap untuk tampil dalam pentas gandrung terop secara utuh dan menampilkan tari gandrung sesuai pakemnya. 

Prosesi Meras Gandrung dipimpin penari gandrung terop legendaris, Mbok Temuk. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani secara simbolis memakaikan omprog, hiasan kepala yang dipakai para penari gandrung. 

"Saya bangga dengan kalian semua. Kalian tidak banyak bicara, tapi akan memberikan sesuatu yang luar biasa bagi Banyuwangi," kata Bupati Ipuk. 

Sebelum dikukuhkan, para penari terlebih dahulu menjalani prosesi gladi resik. Mereka memeragakan setiap gerakan koreografi yang telah dilatihkan selama sekitar sebulan terakhir.

Meski hanya geladi resik, pagelaran itu menyedot perhatian warga. Ratusan penonton berkumpul untuk menyaksikan aksi para penari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral