Prof. Dr. Suparto Wijoyo.
Sumber :
  • sandi irwanto

Instrumen Hukum Bisa Atasi Masalah Pemanasan Global dan Krisis Iklim, Ini Pemaparan Pakar

Minggu, 17 September 2023 - 12:43 WIB

Surabaya, tvOnenews.com Pemanasan global dan krisis iklim menjadi persoalan yang kian mengkhawatirkan. Kedua isu tersebut diperkirakan akan menjadi ancaman global yang lebih dahsyat daripada pengeboman. Buahnya, Juli lalu, bumi telah mencapai puncak panas tertinggi dalam sejarah peradaban manusia.

Terkait persoalan tersebut, Prof. Dr. Suparto Wijoyo mepaparkan langsung dalam orasi ilmiahnya di Aula Garuda Mukti, Kampus MERRC UNAIR. Dalam kesempatan itu, ia resmi menyandang gelar guru besar dalam Bidang Ilmu Hukum Lingkungan Administrasi, Fakultas Hukum (FH), Universitas Airlangga (Unair).

“Berbagai upaya, mulai dari pengurangan dan beralihnya energi fosil ke energi baru dan terbarukan sampai pengurangan gas rumah kaca tidak cukup dikhotbahkan. Permasalahan ini membutuhkan instrumen hukum. Hukum adalah solusi untuk mengatasi krisis iklim,” ungkapnya.

Ideologi Pohon Hayat

Untuk menyelamatkan isu krisis iklim, Prof Suparto mengusulkan konstruksi kebijakan melalui ideologi Pohon Hayat yang merupakan logo IKN Nusantara. Sebagaimana presiden Jokowi sebutkan, Pohon Hayat adalah pohon kehidupan yang menjadi inspirasi masyarakat Indonesia untuk menciptakan kehidupan baru.

“Pohon adalah manifestasi asal muasal kehidupan. Pohon menjadi penanda episode kehidupan karena akarnya menjadi bank air, batang-cabang-ranting, dan daunnya merupakan penyedia material kebutuhan makhluk hidup,” ucapnya.

Senada dengan itu, lanjut Prof Suparto, akar permulaan tersebut adalah Pancasila. Dengan demikian, siapapun yang tidak menjaga iklim akan bertentangan dengan standar ideologis, teologis, humanisme, dan nasionalisme.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral