Selundupkan Ribuan Benih Lobster, Dua Pelaku Berhasil Diamankan Petugas di Bandara Juanda.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Selundupkan Ribuan Benih Lobster, Dua Pelaku Berhasil Diamankan Petugas di Bandara Juanda

Rabu, 20 September 2023 - 13:30 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Petugas gabungan Bandara Internasional Juanda berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan benih lobster. Dua tersangka berhasil diamankan petugas pengamanan Bandara Internasional Juanda, Rabu (20/9).

Keduanya ditangkap setelah aksinya terciduk petugas bandara. Pria berinisial ADH dan SBP itu hanya tertunduk malu. Kepergiannya ke Singapura pun harus gagal.

Aksi pelaku terbongkar setelah kopernya melewati pemeriksaan x-tray. Petugas avsec curiga dengan isi koper warna hitam dan cream tersebut. Saat dibuka, teryata berisi ribuan jenis benih lobster.
 
“Kita berhasil menggagalkan penyelundupan benih bening lobster. Ada 55.312 ribu lobster yang diamankan dan jika dinominalkan kerugian negara tembus Rp5.9 miliar. Aksi ini diduga kuat dilakukan jaringan internasional, kejadian ini juga tidak hanya sekali. Bahkan, dua bulan lalu jumlah lobster yang diamankan lebih banyak," jelas Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut Heru Prasetyo.

Heru menambahkan, penangkapan ini berkat koordinasi lintas sektor di Bandara Internasional Juanda, mulai Angkasa Pura, Bea Cukai, Satgaspam Bandara Juanda, hingga BKIPM.

“Kita lakukan pengembangan, termasuk mencari otak pelaku utama. Karena modus yang digunakan penyelundupan tidak jauh berbeda dari sebelumnya,” ucapnya.

Heru menduga ada banyak jaringan yang bermain dalam penyelundupan lobster. Hal tersebut terlihat dari bentuk pengemasan benur. Dari beberapa kejadian pengemasannya berbeda. Selain itu, salah satu pelaku juga pernah mau masuk ke Bandara Internasional Juanda untuk menyelundupkan benih lobster. Tapi, aksinya waktu itu batal dilakukan karena takut.
 
Banyak penyelundupan yang dilakukan di Bandara Internasional Juanda. Namun, semuanya berhasil digagalkan petugas.

“Siapa saja yang bermain dalam penyelundupan pasti ditangkap. Mengingat petugas sudah dibekali alat canggih untuk mendeteksi hal tersebut," pungkasnya. (khu/gol)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
04:03
02:45
02:06
03:18
01:35
Viral