Festival Seni Balai Pemuda.
Sumber :
  • sandi irwanto

Festival Seni Balai Pemuda, Geliat Seni di Tengah Hiruk Pikuk Tahun Politik

Rabu, 20 September 2023 - 17:06 WIB

Surabaya, tvOnenews.comFestival Seni Balai Pemuda 2023 akan digelar di Kota Surabaya pada Jumat (6/10) mendatang. Festival yang digelar di Komplek Balai Pemuda atau Alun-alun Surabaya ini rencananya akan dibuka oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi. Festival seni yang berlangsung sepuluh hari mulai tanggal 6-15 Oktober 2023 ini, menyajikan pertunjukan musik, tari, teater, sastra dan seni rupa, serta diskusi dan sarasehan tentang perkembangan seni rupa, sastra, teater dan seni tari di Surabaya. Budayawan Erros Djarot akan menyampaikan “Pidato Kebudayaan pada Tahun Politik”, hari Minggu (8/10) malam.

Usai secara resmi membuka festival, Wali Kota Surabaya akan dijadikan model lukisan oleh lebih dari 100 pelukis yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Ya, saya akan hadir. Saya senang kalau kesenian di Surabaya bangkit lagi,” ungkap Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Ditemui terpisah, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwiyono juga menyatakan dukungan terhadap festival seni ini.

“Sepertinya sudah lama tidak ada pertunjukan seni di Surabaya. Kini waktunya berkesenian lagi, sebagai penyeimbang kegiatan-kegiatan lain yang ada di masyarakat,” ujar lelaki yang akrab disapa Pak Awi ini.

Balai Pemuda pernah menjadi pusat kesenian di Surabaya. Nama-nama besar dalam bidang musik seperti Gombloh, Leo Kristi, Franky Sahilatua dan Naniel yang semuanya sudah almarhum, dalam hal proses kreatif bisa disebut lahir dari Balai Pemuda.

Di bidang teater ada almarhum Basuki Rahmad, Akhudiat, Hari Matrais dan Sam Abede Pareno, sementara di bidang seni lukis tercatat sederet nama besar seperti Amang Rahman, Daryono, Krishna Mustadjab,  OH Supono, Rudi Isbandi, Gatot Soesilo, Tedja Suminar, Rustamadji dan para pelukis yang lebih muda generasi Aksera.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
12:46
04:24
01:47
06:16
02:03
Viral