Kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur kian meluas Selasa siang (26/9)..
Sumber :
  • tvOne - hery sampurno

Kebakaran di Hutan Taman Nasional Baluran Kian Meluas, Jalur Pantura di Kepung Api

Selasa, 26 September 2023 - 18:28 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur kian meluas Selasa siang (26/9). Tak hanya di zona inti dan rimba yang terbakar, namun kebakaran juga terjadi di hutan ruas Jalan Pantura.

Banyaknya material daun dan semak kering, serta tiupan angin membuat lantai hutan ini pun dengan mudah terbakar dan kobaran api dengan cepat merembet lantaran tak ada petugas yang melakukan pemadaman, membuat api terus merembet. Saat ini sebagian petugas dikerahkan untuk memadamkan api di zona rimba dan inti hutan Taman Nasional Baluran untuk menekan dampak matinya satwa akibat kebakaran.

Kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taman Nasional Baluran, Probo Wresni Adji mengaku saat ini konsentrasi petugasnya tengah dikerahkan untuk memadamkan api di zona rimba dan zona inti.

Mereka harus cepat-cepat memadamkan api lantaran mengancam kondisi satwa endemik di kawasan rimba seperti macan tutul.

“Dengan beragam peralatan seperti shoot gun air dan gopyok dahan basah dilakukan petugasanya untuk memadamkan api. Namun, hingga Selasa siang petugas masih belum bisa mengendalikan kebakaran. Kondisi jalur yang terjal membuat suplay air untuk memadamkan tak bisa didekatkan di titip api,” tutur Probo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral