Renovasi Massal, Banyuwangi Sasar 1.300 Rumah Tidak Layak Huni.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Program Bedah Rumah di Banyuwangi, Bupati Ipuk: Tak Sekedar Layak Huni, tapi Perhatikan Sirkulasi Udara dan Air Bersih

Rabu, 27 September 2023 - 15:21 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Program bedah rumah di Banyuwangi makin diperluas. Lebih dari 1300 rumah tidak layak huni akan direnovasi masa tahun ini. Program ini mendapatkan dukungan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten dan pemerintahan desa. Rumah yang dibedah diberikan bantuan stimulus. Bantuan ini adalah salah satu upaya meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Program ini tidak sekadar menyediakan rumah layak huni. Namun harus diperhatikan sirkulasi udara dan air bersihnya,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (27/9).

Selain yang bersumber dari pemerintah daerah, anggaran bedah rumah berasal pemerintah pusat dan gotong royong dengan berbagai pihak. Contohnya, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR. Tahun ini, Banyuwangi mendapatkan alokasi BSPS sebanyak 930 unit rumah, tersebar di 17 kecamatan.

Program bedah rumah juga melibatkan pemerintahan desa. Lewat APBDes, dianggarkan renovasi rumah tidak layak huni sebanyak 394 unit.  

“Ada juga program TMMD, kerjasama pemkab dengan Kodim 0825. Dengan demikian kalau ditotal, bedah rumah tahun ini menyasar 1352 unit rumah,” tegasnya.

Bedah rumah menjadi surga bagi warga kurang mampu di Banyuwangi. Mereka tak menyangka bisa mendapatkan program ini secara gratis. Nilainya juga fantastis untuk memperbaiki rumah yang tak layak. 

“Kami dapat Rp20 juta. Ini sangat membantu,” kata Wagiyah (56), salah satu penerima bedah rumah. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
02:52
04:28
07:37
02:51
Viral