Kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur kian meluas.
Sumber :
  • tvOne - hery sampurno

Kebakaran Hutan Taman Nasional Baluran Kian Meluas, Personil Ditambah Dua Kali Lipat untuk Padamkan Api

Rabu, 27 September 2023 - 20:53 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Kebakaran Hutan Taman Nasioanal Baluran kian meluas. Sulitnya medan membuat kebakaran di zona rimba dan zona inti Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur masih sulit dipadamkan, Rabu siang (27/9).

Mereka pun menambah jumlah personil untuk memadamkan api dari relawan peduli api dan masyarakat sekitar menjadi 60 personil.

Mereka pun disebar menjadi dua tim untuk memadamkan empat titik di sisi barat dan selatan kawasan yang terbakar. Tidak hanya itu, petugas Taman Nasional Baluran juga mendapat tambahan personil dari Marinir TNI AL Karangtekok.

Kepala Sub Bagain Tata Usaha Taman Nasional Baluran, Probo Wresni Adji menuturkan, untuk menuju lokasi petugas ini harus berjalan kaki lebih dari satu setengah jam untuk tiba di titik api. Empat titik bisa dijangkau mereka, karena berada di kaki bukit Gunung Baluran.

Sementara satu titik lokasinya tidak bisa dijangkau, lantaran tebing curam lereng gunung. Empat titik sudah berhasil dikendalikan, hingga Rabu sore. Tim memastikan api tidak bsia merembet ke daerah padang savana bawah karena 9 kilometer di sekitarnya telah dilokalisir.

“Kebakaran di Taman Nasional Baluran telah terjadi sejak Senin kemarin. Pemutusan kobaran api saat ini dengan cara melakukan sekat bakar, yaitu dengan membersihkan bahan baku yang belum terbakar dari kobaran api dengan cari di sapu, cara ini lebih efektif menyusul susahnya suplay air ke loaksi titik api,” ujar Probo.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab terbakarnya Hutan Tanam Nasional Baluran. Selain membuat wisata ditutup hingga tanggal 30 Sepetember 2023 mendatang, kebakaran ini juga mengancam satwa endemik Macan Tutul. (hso/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral