Tradisi Unik Peringati Maulid Nabi, Ratusan Warga di Madiun Berebut Gunungan Jajan dan Uang Koin.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Tradisi Unik Peringati Maulid Nabi, Ratusan Warga di Madiun Berebut Gunungan Jajan dan Uang Koin

Kamis, 28 September 2023 - 18:47 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Ratusan warga di Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, menggelar tradisi unik, yaitu rebutan udikan di halaman rumah sesepuh desa, Kamis (28/9) pukul 11.00 WIB.

Sudarmoko (60) tokoh masyarakat Desa Kedondong menjelaskan, tradisi yang sudah digelar sejak turun temurun ini digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi udikan diawali dengan sholawatan dengan diiringi musik tradisi gembrungan, kemudian dilanjut dengan rebutan jajanan pasar untuk anak-anak dan diteruskan dengan rebutan uang koin.

“Diawali Senin gembrungan, diteruskan sebar uang lalu sodakoh dari masyarakat dengan harapan mendapat berkah dari Allah SWT,” kata Sudarmoko.

Sudarmoko mengaku tujuan tradisi ini adalah selain memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW juga mengharap berkah dari Allah SWT dan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, kenapa yang disebar adalah uang koin karena tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu, adanya uang koin sehingga masih diteruskan hingga kini tetap memakai uang koin.

“Meski uang koin namun jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah, karena setiap orang itu rata-rata menyebar satu hingga dua juta rupiah uang koin,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:52
02:01
06:13
08:31
03:29
Viral