Kebakaran di lereng Gunung Lawu.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Kebakaran Hutan Gunung Lawu Makin Meluas, BPBD Magetan Kerahkan Relawan Buat Ilaran di Wilayah Perbatasan

Sabtu, 30 September 2023 - 14:29 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Kebakaran hutan lindung seluas 50 hektare di petak 39 RPH Manyul BKPH Lawu Utara masuk Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi hingga Sabtu (30/9) masih belum teratasi. 

Bahkan kini kebakaran terus meluas hingga masuk kawasan hutan produksi yang berisi tanaman pinus di petak 41 yang berbatasan langsung dengan hutan lindung wilayah Lawu Selatan di Kecamatan Panekan, Magetan.

Eka Wahyudi, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan mengaku, telah mengerahkan puluhan relawan dan personel gabungan baik dari warga masyarakat, BPBD dan juga TNI-Polri untuk naik ke atas membuat ilaran di perbatasan.

“Hingga pagi tadi kebakaran terus meluas, bahkan saat ini sudah mendekati di wilayah Kabupaten Magetan. Pagi tadi juga telah kita berangkatkan relawan gabungan untuk naik di perbatasan buat ilaran,” ungkap Eka.

Bahkan, Eka juga telah berkordinasi dengan BPBD Provinsi Jatim guna langkah antispasi selanjutnya. Menyusul area hutan di Kabupaten Magetan ini berdekatan dengan jalur pendakian puncak Gunung Lawu di pos pendakian Singolangu dan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan.

“Informasi terakhir titik api sudah sangat dekat dengan Kabupaten Magetan tepatnya kebakaran sudah menjalar di petak 41,” imbuhnya.

Saat ini hutan yang terbakar sudah masuk ke perbatasan, dimana ada batas sungai yang membelah wilayah Magetan dengan Ngawi, namun demikian kondisi sungai tersebut saat ini kering dan dipenuhi semak dan ilalang. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral