Paeglaran wayang kulit di Gresik.
Sumber :
  • m habib

Ratusan Warga di Gresik Banjiri Pertunjukan Wayang Kulit PG, Lestarikan Budaya Bangsa

Sabtu, 30 September 2023 - 16:09 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Ratusan warga di Gresik memanfaatkan momen jelang akhir bulan dengan membanjiri pertunjukan wayang kulit di GOR Tri Dharma, Jum' at (29/9) bersama keluarga mereka. Pertunjukkan wayang kulit itu sengaja digelar oleh PG untuk melestarikan budaya bangsa, dan juga sebagai ajang mengenalkan wayang pada generasi muda.

Pertunjukan wayang kulit dengan judul Amarta Binangun itu dibawakan oleh dalang Ki Cahyo Kuntadi. Ki Cahyo Kuntadi adalah dalang sekaligus Dosen Prodi Pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Dalam pertunjukannya turut mendampingi bintang tamu pelawak Gareng Semarang dan pesinden Elisha Orcarus.

Untuk diketahui, lakon Amarta Binangun merupakan kisah pewayangan yang menceritakan perjuangan Pandawa membangun Kerajaan Amarta, yang dalam perjalanannya, penuh dengan berbagai tantangan.

"Kondisi ini selaras dengan upaya Insan Petrokimia Gresik mendukung Pupuk Indonesia dalam menciptakan masa depan baru sebagai perusahaan global berwawasan lingkungan dengan menerapkan Green Industry. Dibutuhkan inovasi dalam menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak semakin mudah," ujar Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, Sabtu (30/9).

Dikatakan Dwi Satriyo, dari kisah Amarta Binangun, juga memberikan inspirasi tentang ketekunan, kepemimpinan, dan perjuangan untuk membangun diri menjadi lebih baik. Kerjasama tim juga pelajaran berharga dari cerita ini, seperti Amarta Binangun membutuhkan bantuan dari berbagai karakter.

Menurut Dwi, cerita ini mengajarkan tentang pemeliharaan nilai-nilai dan etika. Integritas adalah pondasi dari setiap perusahaan yang berkelanjutan. 

"Menyelenggarakan pagelaran wayang ini selain berkontribusi untuk budaya bangsa, tetapi juga sebagai upaya memacu semangat berkontribusi Insan Petrokimia Gresik dalam memajukan perusahaan maupun pertanian Indonesia," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral