Anggota DPR RI Sumail Abdullah meresmikan toilet di ponpes di Banyuwangi..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Cek Toilet Modern, Anggota DPR RI asal Banyuwangi Keliling Ponpes

Minggu, 1 Oktober 2023 - 16:34 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Pondok pesantren (ponpes) di Banyuwangi mendapatkan fasilitas istimewa. Yaitu, toilet modern yang dibangun Kementerian PUPR. Sedikitnya 4 ponpes mendapatkan fasilitas ini. Masing-masing Ponpes Darul Qur'an MSA, Ponpes Asy Syafaah, Ponpes Ainul Huda, dan Ponpes Nurus Sya'adah. 

Ponpes Darul Qur'an MSA merupakan sebuah pesantren yang ada di Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi. Sementara Ponpes Asy Syafaah berada di Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring.

Sedangkan Ponpes Ainul Huda terletak di Desa Bedewang, Kecamatan Songgon. Pesantren ini dibawah asuhan KH Anas Masykuri. MCK di tiga ponpes ini telah tuntas dibangun.

Sementara satu - satunya sanitasi yang masih proses pembangunan yakni di Ponpes Nurus Sya'adah di Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro. Keempat pesantren ini telah memperoleh bantuan pengadaan sanitasi atau MCK dari Kementerian PUPR lewat Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur.

Pembangunan penyediaan sarana dan prasarana sanitasi di Lembaga Pendidikan Keagamaan Tahun Anggaran 2023 tersebut semuanya dibangun menggunakan anggaran APBN. Nilainya masing - masing Rp 200 juta.

Bangunan sanitasi yang telah tuntas sudah diresmikan anggota Komisi V DPR RI Sumail Abdullah. Politisi Gerindra ini juga memeriksa proyek toilet yang masih tahap pelaksanaan. 

"Kita sungguh prihatin dengan kondisi lembaga pendidikan keagamaan kita, khususnya di pesantren. Tadi sempat disinggung, enak jadi santriwan santriwati, bahkan mandi pun antre. Semoga dengan bantuan ini yang antre itu dapat diatasi," kata Sumail Abdullah ketika meresmikan MCK di Ponpes Ainul Huda.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral