Komunitas Keramba Mergosono Bikin Perahu Getek.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Jembatan Lembanyung Mergosono Diperbaiki, Komunitas Keramba Mergosono Bikin Perahu Getek, Ini Alasanya

Selasa, 3 Oktober 2023 - 15:46 WIB

Malang, tvOnenews.com - Jembatan Lembanyung penghubung antara Kelurahan Bumiayu dengan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, semenjak Senin (18/9), kawasan tersebut disterilkan dari semua kendaraan. Warga dilarang melintas, karena Jembatan Lembayung bakal diperbaiki.

Akibatnya, warga masyarakat khususnya warga Bumiayu maupun Mergosono yang dekat jembatan Lembayung ini yang biasa menyebrang atau melalui jembatan untuk mengantar anak-anaknya ke SMPN 7 Kota Malang, SDN 4 Mergosono maupun para pekerja harus mencari jalan alternatif yang jaraknya lebih jauh.

Rudi, warga yang tinggal di dekat jembatan Lembayung Mergosono, mengaku pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Karena ini berkaitan dengan kepentingan publik. Perbaikan ini sepertinya dibuat untuk lebih nyaman dan aman.

“Jika ingin ke Buring, atau tujuan lainnya yang biasanya kerap memanfaatkan Jembatan Lembayung. Terpaksa dirinya akan melewati Pasar Induk Gadang. Jadinya agak lebih jauh, tapi mau gimana lagi. Kita mesti bersabar untuk beberapa bulan mendatang selama perbaikan berlangsung,” tuturnya.

Ditambahkan Rudi, bahkan warga yang tidak memilki kendaraan sendiri mengeluhkan atas pengeluaran biaya tambahan untuk mengantar anaknya ke sekolah baik ke SMPN 7 maupun ke SDN 4 Mergosono.

"Iya, kami tidak ada kendaraan sendiri padahal jarak ke sekolah dari rumah cukup dekat, dengan jalan kaki melewati jembatan Lembayung butuh 10 menit sudah sampai. Kini harus memutar lebih jauh dan mau nggak mau harus keluar biaya tambahan untuk naik ojek atau kendaraan lain," terangnya.

Menanggapi keresahan warga sekitar baik warga Bumiayu dan Mergosono, Adi Sasminto selaku Ketua Paguyuban Keramba Mergosono sekaligus Ketua RT 05 RW 11 Kelurahan Mergosono, membuat perahu getek (perahu penyebrangan dari bambu, red) untuk membantu warga sekitar yang anak-anaknya hendak ke sekolah maupun pulang sekolah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
02:09
01:25
01:48
01:52
01:42
Viral