Pedagang Pasar Turi Ciptakan Inovasi Live Studi E-Commerce.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Gempuran Belanja Online, Pedagang Pasar Turi Ciptakan Inovasi Live Studio E-Commerce

Selasa, 3 Oktober 2023 - 17:07 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Peralihan teknologi digital membawa arus perubahan terhadap sistem perdagangan konvensional. Pedagang dituntut kreatif dan beradaptasi dalam arus perdagangan digital atau online.

Gempuran arus perdagangan digital yang semakin pesat menuntut para pelaku usaha untuk semakin kreatif. Guna tetap bertahan, para pedagang harus beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Pedagang Pasar Turi Baru (PTB), Bubutan, misalnya.

Sejak bulan Agustus, jumlah pengunjung yang datang menurun hingga 20 hingga 25 persen. Yang biasanya setiap bulan, jumlah pengunjung mencapai 100 ribu, kini hanya 75 ribu orang saja. Kondisi tersebut berdampak buruk terhadap omzet penjualan para pedagang.

General Manajer PTB, Teddi Supriadi Saat ditemui wartawan Selasa (3/1) mengatakan, melihat arus pedagang digital yang begitu pesat, seluruh pelaku usaha dituntut harus bisa cepat beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Sebagai pengelola, pihaknya memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi para pedagang PTB.

Beragam upaya dilakukan. Salah satu menyiapkan ruang khusus yang bernama Turi Studio. Yakni studio tersebut dapat dimanfaatkan pedagang sebagai ajang promosi dan berjualan secara online, seperti live di Instagram, Facebook, dan TikTok.

"Mereka bisa melakukan live langsung ke medsosnya masing-masing. Atau bahkan agar produk bisa banyak dilihat konsumen, mereka bisa jualan di akun medsos milik PTB," Kata Teddi.

Selain itu, pelatihan konten kreator diberikan. Termasuk pedagang yang telah lanjut usia (lansia). Minimal pelatihan digelar setiap minggu sekali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral