Hutan Gunung Lawu kembali Terbakar.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Sempat Padam Hutan Gunung Lawu Kembali Terbakar, Api Mengarah Ke Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi

Jumat, 6 Oktober 2023 - 20:44 WIB

Ngawi, tvOnenews.com - Meski sempat padam, hutan lindung Gunung Lawu di wilayah Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi kembali terbakar, Jumat (7/10).  

Bahkan saat ini api telah melewati batas ilaran atau sekat bakar yang dibuat para relawan. Api kini telah membakar sebagian hutan produksi yang berisi tanaman Pinus dan Cemara.

Zainal Fanani (33) salah seorang relawan dari Kecamatan Jogorogo Ngawi mengaku, dirinya dan sejumlah personel gabungan TNI-Polri, Perhutani dan masyarakat sempat kabur menyelamatkan diri, lantaran api begitu besar dan cepat menjalar sesuai arah angin.

“Tadi relawan ditarik mundur mas karena api muncul lagi dan sangat besar. Malah saat ini api sudah membakar sebagian hutan produksi di Hargo Mulyo Sine,” ungkapnya. 

Zainal mengatakan kebakaran tersebut adalah titik api baru, karena kemarin hutan di wilayah tersebut sempat padam. Api baru ini diduga berasal dari pohon-pohon besar yang hangus terbakar, yang belum tuntas dipadamkan.

Terpisah, Sriyono, Tim Penata Penanggulangan Bencana BPBD Propinsi Jatim mengaku sebagian wilayah hutan yang terbakar di Ngawi telah padam. Namun karena angin kencang, bara api dari kayu-kayu besar yang belum tuntas dipadamkan akhirnya menyala lagi. 

 “Titik api yang baru itu sebenarnya sudah dibatasi ilaran oleh relawan, namun karena angin kencang dan panasnya cuaca akhirnya bara yang masih ada dan menempel di kayu-kayu itu akhirnya terbang lagi terbawa angin,” terang Sriyono. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
Viral