ERB BI di Pulau Raas, sosialisasi pentingnya mengenal mata uang rupiah.
Sumber :
  • timt vone - tim tvone

Ekespedisi Rupiah Berdaulat 2023 BI di Pulau Raas, Sosialisasi Pentingnya Mengenal Mata Uang Rupiah

Senin, 9 Oktober 2023 - 11:19 WIB

Sumenep, tvOnenews.com - Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 Bank Indonesia berkolaborasi dengan TNI AL di Provinsi Jawa Timur, dimulai sejak tanggal 7 sampai 12 Oktober 2023, mendarat ke pulau pertama, Minggu (8/10). 

Pulau tersebut iyalah Pulau Raas. Pulau ini mempunyai luas total wilayah 38,9 km2 yang meliputi 9 desa. Kecamatan Raas terdiri dari 14 pulau, dengan 9 pulau berpenghuni, dan 5 pulau tidak berpenghuni. 

Menggunakan sekoci, pejuang rupiah yang beranggotakan 22 orang ini singgah di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, sejak pukul 08.00 WIB. Tim membawa uang rupiah layak edar dan penyaluran Program Bank Indonesia (PSBI) untuk penunjang fasilitas di pulau ini, seperti laptop, printer dan diesel. 

Beragam kegiatan pun digelar di Kantor Kecamatan Desa Brakas, Kecamatan Raas itu. Mulai dari penukaran uang layak edar, sosialiasi Cinta Bangga Paham (CBP) rupiah, layanan kesehatan gratis dan penyerahan zakat, infaq, shodaqoh.

Dalam sosialisai Cinta Bangga Paham (CBP) rupiah yang digelar, tim pejuang rupiah memberikan edukasi tentang mengenali, merawat dan menjaga uang rupiah. 

Saat sosialisai CBP, Teguh Setyo Pambudi, Ketua Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat Provinsi Jawa Timur mengatakan, tim menemukan ada warga yang membawa uang palsu senilai Rp50.000. Warga tersebut tidak mengetahui bahwa uang itu palsu, sebelum dicek oleh tim pejuang rupiah. 

"Jadi waktu ada masyarakat yang melakukan penukaran di stand loket penukaran ekspedisi rupiah berdaulat di Pulau Raas, ternyata diindikasi uang yang diterima kasir tidak asli, karena tidak sesuai dengan ciri-ciri keaslian dari Bank Indonesia. Hanya satu lembar," ungkap Teguh.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
12:46
04:24
01:47
06:16
02:03
Viral