Nidya Almira Xavier Herda Putri, lulusan Fakultas Psikologi Unair.
Sumber :
  • sandi irwanto

Keren! Mahasiswa Psikologi di Surabaya Rancang Aplikasi Self-Care tuk Turunkan Risiko Depresi

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:51 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Syarat kelulusan bagi mahasiswa program sarjana seringkali memerlukan tugas akhir yang biasa disebut dengan skripsi. Namun, saat ini telah ada metode lulus tanpa skripsi alias dilakukan dengan konversi.

Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan universitas yang turut menerapkan metode lulus tanpa skripsi, meskipun belum tersedia untuk semua jurusan. Fakultas Psikologi menjadi salah satu fakultas di UNAIR yang memperbolehkan mahasiswa lulus kuliah tanpa menyusun skripsi. Namun dengan persyaratan lain yang harus dipenuhi, misalnya dengan konversi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Lulus Kuliah dengan Konversi PKM

Nidya Almira Xavier Herda Putri, mahasiswi Fakultas Psikologi angkatan 2018 lulus kuliah dengan konversi PKM Karsa Cipta. Menurutnya, konversi skripsi dengan PKM merupakan hal baru yang menantang. Sebab menurutnya, penelitian PKM sama sulitnya dengan penelitian skripsi.

“Aku merasa bahwa konversi skripsi dengan PKM adalah salah satu privilege yang aku miliki untuk merasakan pengalaman 'skripsi yang levelnya di-upgrade'. Maksudnya aku merasa bahwa apa yang aku kerjakan selama PKM kurang lebih sama dengan apa yang seharusnya aku lakukan ketika mengerjakan skripsi,” ucapnya.

Penyusunan PKM, sambungnya, sama seperti skripsi. Dari mulai pembuatan proposal berisi latar belakang hingga metode, bimbingan dengan dosen, sampai ke sidang dan penyusunan laporan akhir.

“Bedanya, di PKM ini aku bahkan dapat 'bimbingan ekslusif’ dengan tim pembina dari UNAIR dalam bentuk monitoring dan evaluasi bulanan, bantuan dana dari pemerintah, dan bisa merasakan langsung rasanya sidang di hadapan para reviewer dari luar daerah,” paparnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral