Masjid Hajjah Andi Nurhadi Makassar.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Bikin Bangga! Ada Sosok Arsitek Putra Bawean Gresik di Balik Keindahan Masjid Hajjah Andi Nurhadi Makassar

Minggu, 15 Oktober 2023 - 12:10 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Siapa sangka, dibalik keindahan dan megahnya Masjid Hajjah Andi Nurhadi yang menghiasi Makassar, tersimpan kisah inspiratif dari seorang arsitek muda asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Arsitek muda yang mendedikasikan karyanya untuk membangun pusat peradaban Islam yang sangat megah di Indonesia Timur ini, yakni Ar Akhmad Fatah Yasin, IAI (Owner & Pricipal Architect) bersama team Imajiner Arsitek.  

“Kami tidak akan berhasil tanpa team dari Imajiner Arsitek,” jelas Ar Akhmad Fatah Yasin.

Sosok Akhmad Fatah Yasin atau yang kerap disapa Afys itu, merupakan putra daerah asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang telah melibatkan diri dalam proyek-proyek monumental sejak tahun 2005.

Dua struktur ikonik, yakni Masjid Hajjah Andi Nurhadi dan AAS International Hospital, merupakan buah karya dan kreativitasnya bersama tim yang luar biasa. Meski namanya mungkin belum setenar arsitek-arsitek terkemuka, namun kontribusinya dalam menciptakan keindahan dan kemegahan sebuah bangunan, tidak terbantahkan.

Dikatakannya, dalam proses merancang Masjid Hajjah Andi Nurhadi Makassar, Afys menggabungkan elemen-elemen seni dan sejarah yang mengesankan. Masjid ini memiliki kemiripan dengan Kapal Pinisi, yang merupakan penghormatan terhadap suku Makassar dan suku Bugis yang terkenal sebagai pelaut ulung.

"Kapal Pinisi bukan hanya simbol kegagahan dalam mengarungi lautan luas, tetapi juga kebanggaan budaya,” lanjut Afys.

Masih menurut Afys, Masjid Hajjah Andi Nurhadi terinspirasi oleh Masjid Istiqlal Jakarta, salah satu masjid agung terbesar di Indonesia. Di pelataran luar, tersedia fasilitas Plaza UMKM yang dirancang menjadi pusat ekonomi dan pemberdayaan. Sementara di dalamnya berkonsep “Rahmatal Lil Alamin” mengambil inspirasi dari Kota Suci Madinah, yang memberikan nuansa kedamaian dan keramahan bagi jemaah yang datang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral