Siswa-Siswi MI di Surabaya Jualan Jajanan Tradisional.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Melatih Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini, Siswa-Siswi MI di Surabaya Jualan Jajanan Tradisional

Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:04 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ratusan siswa-siswi Madrasah Ibtidahiyah Mulia Surabaya menggelar dagangan jajanan tradisional di aula sekolah. Hal ini untuk melatih jiwa kewirausahaan mereka sejak usia dini. Selain itu, para siswa juga mementaskan seni tari tradisional dari sejumlah daerah di Nusantara, sebagai implementasi pelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Bak suasana pasar yang riuh, aula sekolah Madrasah Ibtidahiyah Mulia Surabaya disulap menjadi tempat ajang transaksi jual beli panganan dan minuman.  Ya, sejumlah siswa secara berkelompok menggelar dagangan berjualan jajanan dan minuman tradisional dan kekinian.

Berbagai makanan jajanan dan minuman tradisional dijual di sini, dengan harga mulai seribu rupiah hingga lima rupiah. Para siswa dan wali murid pun menyerbu membeli jajanan ini dengan menggunakan kupon sebagai pengganti uang untuk bertransansi.

“Alhamdulillah, jualan saya banyak yang laku. Yang dijual jajanannya beragam, ada es cao, wingko, perut ayam, onde-onde, minuman, es sinom,” ungkap siswi kelas 6, Safira Husnul Khotimah.

“Semuanya saya jual seharga tiga ribu rupiah. Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena saya bisa belajar lebih banyak, baik dalam berjualan maupun berhitung uang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, kupon dengan nominal seribu rupiah digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi jual beli dan mengajarkan siswa tentang transaksi bisnis dan pengelolaan keuangan.

“Acara ini bertujuan melatih anak-anak dalam kewirausahaan, mempersiapkan mereka untuk masa depan dengan jiwa entrepreneur yang kuat,” ungkap Umi Sarofah, Kepala Sekolah MI Mulia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral