Empat Pelajar di Sidoarjo Ciptakan Pasta Gigi dari Cangkang Udang.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Kreatif, Empat Pelajar di Sidoarjo Ciptakan Pasta Gigi dari Cangkang Udang

Selasa, 17 Oktober 2023 - 15:20 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Limbah cangkang udang yang biasa terbuang dan tidak bermanfaat, ternyata bisa menjadi bahan baku pasta gigi. Temuan ini terwujud dari hasil kreasi 4 pelajar SMA Islam di Sidoarjo, Jawa Timur, yang berhasil membuat pasta gigi dari limbah cangkang udang.

Empat pelajar kreatif dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo tersebut yakni Hardian Adinata Makarim, Khoirunnisa Adila, Alvinami Arianto dan Syarifal Aflah. Menurut Hardian Adinata, ide tersebut tercetus dari banyak limbah cangkang udang yang dibuang percuma, usai di makan.

"Awalnya saya berfikir dan mencoba saat itu banyak bahan limbah cangkang udang yang berserakan dan terbuang percuma. Pas waktu itu kita berempat coba-coba untuk memanfaatkan limbah cangkang udang dan ternyata berhasil dan mendapat dukungan dari banyak pihak, terutama guru-guru di sekolah," ucapnya.

Hardian menambahkan, proses pembuatan pasta gigi cangkang udang, pertama limbah cangkang udang ini diproses terlebih dahulu melalui pemanasan basa dan asam. Setelah limbah cangkang udang sudah jadi menjadi bentuk seperti kristal, kemudian diaduk bersama dengan ekstrasi minyak kemiri serta cengkeh yang melalui proses destilasi telebih dahulu, untuk kemudian diolah menjadi bentuk pasta.

Dari hasil kreasinya, 4 pelajar SMA ini berhasil meraih gold medal kategori environment dalam lomba Sains Olimpiade World Young Invention and Innovation Award 2023, yang digelar di Yogjakarta.

"Alhamdulillah bahwa anak didik kami memenangkan lomba melalui proses pengujian, pasta gigi hasil kreasi empat pelajar yang dibuat dari limbah cangkang udang ini dinyatakan aman dan layak digunakan,” ucap M. Zainul Arifin, Kepsek SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

“Ke depanya kami akan mempatenkan karya dari anak didik kita," pungkasnya. (khu/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral