Kiat Hadapi Cuaca Ekstrem agar Tak Jatuh Sakit.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Kiat Hadapi Cuaca Ekstrem agar Tak Jatuh Sakit

Rabu, 18 Oktober 2023 - 21:38 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Cuaca panas ekstrem yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia akhir-akhir ini membuat banyak orang mengeluh karena kegerahan. Tak jarang kondisi ini membuat orang jadi jatuh sakit.
Memang, negara Indonesia disebut-sebut  masuk pada fase El-Nino. Pada fase ini, BMKG mencatat suhu di sejumlah wilayah ada pada kisaran 24 sampai 36 derajat celsius. Namun, terasa hingga 40-42 derajat celsius.

Kondisi cuaca ekstrem tersebut membuat aktivitas di luar rumah terasa semakin tidak nyaman, karena efek yang terjadi seperti iritasi kulit, sakit kepala, gangguan pandang, malahan sampai dehidrasi atau kekurangan cairan.

Meski begitu, masyarakat tidak perlu risau dan panik menghadapi cuaca ekstrem seperti saat ini. Ada sejumlah kiat atau tips ntuk menghadapi cuaca panas ekstrem tersebut, sehingga setidaknya membuat kita survive dan tidak jatuh sakit.

1. Minum Air Putih yang Banyak
Dehidrasi atau kekurangan cairan menjadi ancaman utama saat kekurangan air putih di cuaca ekstrem seperti saat ini. Karena itu, dianjurkan saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh akan tetap terjaga dan stabil. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

 2. Perbanyak Makan Buah Segar
Tak hanya memperbanyak minumair putih, tak kalah penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas ekstrem. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

 3. Kurangi Aktiftas  di Luar
Meminimalisir kegiatan atau aktifitas di luar ruangan bukan berarti membuat kamu bermalas-malasan di dalam rumah, melainkan membatasi aktivitas di luar ruangan, ketika cuaca sedang panas. Pagi dan sore menjelang malam adalah waktu yang bisa kamu pilih jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin hindari aktivitas di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya.

 4. Pakai Krim Pelembap
Apabila  anda terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, pakailah krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi. Hal ini juga akan semakin memicu anda dehidrasi dan hilang kesadaran saat terkena terik sang surya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral