jari membusuk gara-gara tersangkut cincin 3 tahun.
Sumber :
  • tim tvone - hartono

Jari Membusuk Gara-Gara Tersangkut Cincin 3 Tahun, Tim Medis Panggil Petugas Damkar Tuban

Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:11 WIB

Tuban, tvOnenews.com - Samiadi, warga Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, terpaksa harus dilarikan ke Puskesmas setempat, gara-gara jari tangannya infeksi dan membusuk. Pria tua yang mengalami ganguan jiwa (ODGJ) ini, jari jempol tangan kirinya tersangkut dua cincin selama tiga tahun tak dapat dilepasnya.

Tim medis Puskesmas sempat kesulitan melepas cincin tersebut, sehingga meminta bantuan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat. Menurut tim medis, sebelum dilakukan evakuasi cincin, kakek ini sempat dirawat selama dua hari di Puskesmas setempat akibat infeksi dan pembengkakan pada jarinya.

“Kakek ini sudah kita rawat di puskesmas selama dua hari, karena kondisinya memprihatinkan,” tutur salah seorang perawat di Puskesmas.

Namun karena cincin yang melingkar di jari jempol korban berbahan logam cukup tebal, untuk melepasnya pihak Puskesmas meminta bantuan Damkar Tuban.

Proses pelepasan cincin berlangsung dramatis dan memakan waktu satu jam lebih, lantaran dua cincin yang melingkar sudah tertutup oleh daging. Petugas menggunakan peralatan khusus berupa alat mini grinder yang hanya bisa digunakan oleh petugas terlatih.

“Syukurlah, meski membutuhkan waktu lama, akhirnya kami dapat melepas cincin tersebut dengan aman,” jelas Gunadi, Kasatpol PP dan Damkar Tuban.

Pak Gun demikian sapaan akrabnya, menghimbau kepada masyarakat, jika mengalami cincin macet di jari, agar tidak melepasnya dengan paksa. Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan luka maupun cedera. (htn/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral