Hutan Gunung Lawu terbakar lagi.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

BPBD Magetan Berencana Datangkan Kembali Water Bombing, Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Lawu

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:00 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Berbagai usaha telah dilakukan oleh tim Satgas Penanggulangan Karhutla Gunung Lawu di Kabupaten Magetan yang kembali terbakar sejak Senin (16/10) dan hingga kini Kamis (19/10) siang masih belum bisa dipadamkan. 

Sulitnya medan yang tak bisa dijangkau oleh relawan, menjadi kendala utama kebakaran hutan di petak 73 B RPH Sarangan BKPH Lawu Selatan, Desa Getas Anyar, Kecamatan Panekan, dan kini meluas ke Desa Singolangu, Kecamatan Plaosan, Magetan.  

Komando Satgas Penanggulangan Karhutla Gunung Lawu, Letkol INF Dani Indrajaya mengaku penanggulangan kebakaran yang bisa dilakukan saat ini hanyalah memantau perkembangan api dan juga membuat ilaran. 

“Langkah-langkah yang bisa kita buat saat ini adalah dengan membuat ilaran, mulai dari Desa Ngliliran, Singolangu hingga Cemoro Sewu dimana sudah total ada 1700 lebih (meter) ilaran yang kita buat,” ucap Dani. 

Dani menambahkan, ilaran yang dibuat adalah satu-satunya langkah yang bisa dilakukan untuk memutus api, karena untuk pemadaman manual ke titik api tidak bisa dijangkau oleh relawan. 

Selain itu, relawan juga disiagakan 24 jam bergantian untuk menjaga ilaran tersebut, dengan harapan agar api nanti tidak menjalar ke hutan produksi dan permukiman warga. 

Sedangkan di wilayah hutan Cemoro Sewu, masih diuntungkan dengan saluran pipa air bersih milik penduduk. Dimana saluran air tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembasahan lahan yang kering, sehingga diharapkan tidak bisa terbakar. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral