Pertama Kalinya, Sarden Tuna Produksi Banyuwangi Tembus ke Jerman.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Pertama Kalinya, Sarden Tuna Produksi Banyuwangi Tembus ke Jerman

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:09 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Produk sarden tuna asal Banyuwangi akhirnya tembus ke Jerman. Ikan kemasan ini bisa masuk pasar Eropa setelah beberapa kali mengikuti pameran. Permintaannya juga tinggi, tembus 80 kontainer per bulan. Nilai transaksinya mencapai 8 juta Dollar AS. 

Masuknya sarden tuna ke Jerman ini cukup membanggakan. Produk Pasific Harvest Muncar ini bisa lolos setelah melalui tahapan standar pasar makanan Eropa yang ketat.

"Yang perlu dicatat, ini produk sarden tuna buatan Banyuwangi bisa tembus ke Jerman. Ini luar biasa. Kami akan dukung terus peningkatan ekspornya," kata Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita di sela pelepasan ekspor perdana sarden di Pasific Harvest, Muncar, Banyuwangi, Kamis (19/10). 

Selama ini, pasar makanan dalam negeri cukup sulit menembus pasar Eropa. Lolosnya sarden tuna dari Muncar ke Jerman ini menjadi bukti kualitas produk lokal bisa diterima pasar internasional. 

"Tentunya, ini akan menjadi magnet tumbuhnya industri perikanan. Kami targetkan, tahun depan bisa menjadi 5 besar dunia dalam produksi perikanan ekspor. Saat ini masih 10 besar dunia," tegasnya. 

Salah satu kendala produksi sarden nasional adalah bahan kaleng kemasan. Saat ini, 30 persennya masih mengandalkan impor. Pun dengan bahan baku ikan. Meski begitu, pemerintah tetap optimis, produksi ikan kemasan bisa terus meroket. 

"Ini memang tantangan bersama, baik pemerintah maupun pemilik industri. Tetapi, kita dorong terus bisa mendongkrak produksi," tegasnya lagi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:50
01:57
03:32
09:42
02:16
01:41
Viral