Cuaca Ekstrim, Dua Petak Lahan Tebu Terbakar di Lumajang.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Dampak Cuaca Ekstrim, Dua Petak Lahan Tebu Terbakar di Lumajang

Jumat, 20 Oktober 2023 - 14:40 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Lahan tebu milik warga Desa Jokarto, Kecamatan Tempeh, Lumajang, mengalami kebakaran di tengah cuaca panas, Jumat (20/10). Insiden kebakaran lahan ini, diketahui sejumlah pengguna jalan yang sedang melintas di jalur alternatif Desa Sumbersuko menuju Desa Jokarto. 

Menurut Iwan, salah satu pengguna jalan, awalnya kepulan asap putih nampak mebumbung tinggi dan terlihat dari kejauhan. 

"Saya tadi dari arah barat. Kepulan asap sudah terlihat dari jarak 200 meter. Setelah saya mendekat, ternyata ada kebakaran lahan tebu," kata Iwan kepada tvOnenews.com.

Sejumlah pengguna jalan baik roda 4 maupun roda 2, sempat berhenti beberapa saat untuk menghindari kobaran api saat angin mengarah ke sisi selatan atau jalan. 

"Ya sempat menunggu angin balik ke utara. Takut terkena api dan asapnya juga menutupi jalan saat arah angin ke selatan," imbuhnya. 

Sementara itu, dua petugas BPBD Kabupaten Lumajang yang juga kebetulan melintas di lokasi, langsung turun tangan dengan melakukan upaya pemadaman dengan cara memukul dengan dahan dan ranting berdaun basah. 

"Kami kebetulan melintas dan kebakaran ini sangat mengganggu pengguna jalan. Asapnya mengurangi jarak pandang, sedang apinya yang terus berkobar, berpotensi merembet ke lahan tebu lainya," ujar Satria, salah satu petugas BPBD Lumajang. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:58
01:43
04:43
01:04
02:18
03:32
Viral