Kebakaran Hutan Gunung Lawu Sudah Merambah ke Jalan Raya.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Waspada! Kebakaran Hutan Gunung Lawu Sudah Merambah ke Jalan Raya, Petugas Damkar Dikerahkan

Minggu, 22 Oktober 2023 - 15:16 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Kebakaran hutan Gunung Lawu di Magetan semakin mengkhawatirkan. Bahkan Sabtu (21/10) ini, api telah meluas hingga membakar hutan di pinggir jalan raya Magetan-Cemoro Sewu dan mengancam para pengguna jalan di jalur wisata tersebut. 

Puluhan petugas gabungan TNI-Polri, Perhutani, BPBD dan dua unit mobil damkar pun langsung dikerahkan memadamkan sejumlah titik api di sepanjang tebing yang berada di pinggir jalan raya.

Kabid Damkar Kabupaten Magetan Ali Sukamto mengatakan, upaya pemadaman sudah dilakukan menggunakan satu mobil rescue dan satu truk tanki suplai air, karena api sudah membakar hutan di pinggir jalan raya. 

“Kebakaran hutan sudah sampai di pinggir jalan raya Magetan-Solo. Kita kerahkan dua unit rescue dan tanki suplai,” kata Ali.

Ali mengaku upaya pemadaman kali ini terpaksa menghentikan arus lalu lintas karena mengkhawatirkan jika ada bebatuan maupun pohon yang terbakar longsor, dan menimpa pengguna jalan di bawahnya. 

Selain arus lalu lintas ramai, karena memang sudah memasuki akhir pekan dan banyak wisatawan melintas. Kesulitan yang dialami, untuk pengambilan air hanya ada di Telaga Sarangan, sehingga laju suplai air tak bisa cepat karena jalan menuju lokasi ada di tanjakan. 

“Kesulitanya ya karena jalurnya ramai, mungkin akhir pekan ini banyak wisatawan, makanya tadi terpaksa kita berhentikan, selain itu pengambilan air di Telaga Sarangan, jadi tanki tak bisa cepat karena beban bawa air,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral