Pemadaman api di hutan Gunung Lawu.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Akhirnya, Kebakaran Hutan Gunung Lawu di Magetan Padam Setelah Diguyur Hujan Lebat

Selasa, 24 Oktober 2023 - 12:00 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Setelah sepekan upaya pemadaman hutan Gunung Lawu di petak 73 B RPH Sarangan BKPH Lawu Selatan Kabupaten Magetan, akhirnya sejumlah titik api yang membakar tanaman rimba campur akhirnya berhasil padam

Padamnya kebakaran hutan ini berkat sinergitas personel gabungan TNI-Polri, Perhutani, BPBD, Relawan dari warga membuat ilaran, serta petugas pemadam kebakaran yang berjibaku memadamkan kebakaran hutan yang sampai di pinggir jalan raya Magetan-Karanganyar. 

Selain itu, padamnya kebakaran hutan lindung yang mengarah di jalur pendakian Cemoro Sewu dan hutan di sepanjang jalur wisata juga setelah diguyur hujan lebat pada Minggu (22/10) pukul 16.00 WIB. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Eka Wahyudi membenarkan, bahwa kebakaran hutan lindung Gunung Lawu di Magetan telah padam. Namun demikian, Selasa (24/10) pagi, puluhan personel gabungan masih menyisir lokasi kebakaran paska diguyur hujan. 

“Alhamdulillah dilihat dari bawah api sudah padam mas, tapi ini kami masih mau menyisir sepanjang aliran sungai yang terbakar kemarin,” kata Eka. 

Menurut Eka, personel yang diberangkatkan melakukan penyisiran di petak 73 B RPH Sarangan pagi ini, adalah gabungan dari BPBD Kabupaten Magetan dan BPBD Provinsi Jawa Timur, serta sejumlah relawan dan juga pihak Perhutani.

“Penyisiran ini bertujuan untuk memastikan api yang ada di atas benar-benar padam, terlebih setelah diguyur hujan lebat kemarin,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:08
07:10
01:19
01:00
11:11
09:23
Viral