Pelaksanaan Pilkades serentak di Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Hari ini, Banyuwangi Gelar Pemilihan Kepala Desa Serentak di 51 Desa

Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:05 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Pesta demokrasi tingkat desa digelar serentak di Kabupaten Banyuwangi. Ada 51 desa yang tersebar di 23 kecamatan menggelar kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Rabu (25/10). Dari 51 desa penyelenggara pilkades tersebut, terdapat 202 calon yang bakal memperebutkan 309.503 pemilih yang tersebar di 702 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ahmad Faishol mengatakan, tahapan Pilkades serentak saat ini sudah masuk tahap pencoblosan. Pelaksanaannya hampir sama seperti pemilihan umum (pemilu). Proses pencoblosan dimulai pada pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 13.00 WIB. Hari ini juga langsung penghitungan suara, sebelum akhirnya disahkan oleh DPMD Banyuwangi.

"Penghitungan di tingkat TPS dan seterusnya, sebelum akhirnya diserahkan kepada kami untuk disahkan," jelas Ahmad Faishol, Rabu (25/10).

Pelaksanaan Pilkades serentak ini diamankan 3.278 personel gabungan yang disebar di 51 desa. Sebab, berdasarkan hasil pemetaan terdapat empat kecamatan pelaksana Pilkades yang mendapat perhatian khusus, yakni di Kecamatan Pesanggaran, Kalibaru, Muncar dan Singojuruh. Di empat kecamatan ini, Polresta Banyuwangi menempatkan puluhan personel Brimob untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang bisa mengganggu pelaksanaan Pilkades.

"Daerah yang ditempatkan personel Brimob, bukan berarti wilayah itu masuk kategori rawan. Titik rawan itu intinya kita kalkulasi, dengan berbagai karakteristik wilayahnya, intinya jika semuanya bersinergi, pelaksanaan Pilkades akan aman dan lancar," beber Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa, Rabu (25/10).

Kali ini, Pilkades serentak ini, Polresta Banyuwangi mendapatkan bantuan pengamanan dari Polres samping, seperti Polres Jember, Situbondo dan Bondowoso, termasuk tiga kompi Brimob Polda Jatim. (hoa/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral