Pilkades Serentak di Banyuwangi, Calon Petahana Tumbang.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Pilkades Serentak di Banyuwangi, Banyak Calon Petahana Tumbang

Jumat, 27 Oktober 2023 - 09:42 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Sebanyak 51 desa menggelar Pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi. Hasilnya, banyak calon petahana yang kalah. Dari sekian desa, sedikitnya 20 calon petahana harus rela melepas jabatannya sebagai Kepala Desa.

Jumah calon kades petahana yang kalah ini hampir 50 persen dari total calon yang maju. Dari hasil penghitungan sementara, mereka kalah dengan selisih suara yang signifikan dari penantangnya. 

“Fenomena petahana kalah, itu yang sementara kami terima. Tapi hitungan belum resmi gambarannya. Laporan resmi nanti dari BPD yang menetapkan calon terpilih," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi Ahmad Faisol, Kamis (26/10).

Saat ini pihaknya masih menunggu proses lanjutan di masing-masing panitia Pilkades. Sesuai jadwal, proses penetapan mulai 26 November hingga 15 November. Tahapan akan dilanjutkan dengan pengesahan pada 16 November hingga 15 Desember. Sementara, pelantikan dijadwalkan antara 16 Desember 2023 hingga 15 Januari 2024.

Meski banyak petahana yang kalah, tahapan pilkades serentak yang dikemas dalam Festival Demokrasi ini berjalan tanpa hambatan. Pemungutan suara yang digelar, Rabu (25/10), belum muncul adanya laporan persoalan di lapangan.  

" Kita tunggu saja sampai batas waktu yang telah ditentukan, nanti apakah ada permasalahan,” tegasnya. 

Jika muncul permasalahan, penyelesaian dilakukan secara bertingkat, mulai dari desa, kecamatan, hingga kabupaten. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral