Barang bukti upaya pengalahgunaan BBM di Sidoarjo.
Sumber :
  • khumaidi

Beli Solar Pakai Barcode Pertamina dan Plat Nopol Palsu, Pengemudi Boks Muatan BBM Ditangkap Polisi

Jumat, 27 Oktober 2023 - 10:48 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Upaya penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis bio solar di Sidoarjo, berhasil digagalkan polisi. Seorang pengemudi berikut sebuah mobil boks yang telah dimodifikasi untuk menegelabuhi petugas SPBU berhasil diamankan polisi.

Pelaku yang diketahui bernama Wahyu Ria Kurniawan (29), warga Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah melakukan pembelian BBM subsidi bio solar di sejumlah SPBU dengan menggunakan barcode pertamina dan nopol yang berlainan.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, selain memodifikasi mobil untuk bisa menyimpan BBM jenis bio solar dalam jumlah besar, pelaku juga menggunakan sejumlah barcode pertamina dengan nopol yang berlainan, sehingga petugas SPBU tidak curiga dan mau mengisi BBM bersubsidi ke dalam mobil pelaku.

"Pelaku ditangkap di salah satu SPBU di Sidoarjo saat mengisi BBM bersubsidi berikut sebuah mobil boks yang telah dimodifikasi berisi dua tangki seribu liter di dalam boks," ujar Kusumo.

Kusumo mengatakan, pelaku mengaku sudah tiga kali melakukan pengisian BBM bersubsidi di sejumlah SPBU yang berbeda di Sidoarjo, dengan jumlah 300 liter untuk sekali isi BBM. Rencana, ratusan liter BBM bersubsidi jenis bio solar ini akan dikirim ke pelaku lain penyedia dana, yang kini masih dalam pengejaran polisi.

"Untuk rekanan pelaku kini dalam pengejaran petugas," terang Kusumo.

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, saat ini pelaku diamankan di sel tahanan Polresta Sidoarjo. Sementara polisi hingga kini tengah mengejar pelaku lain yang mendanai dan bekerjasama dengan pelaku untuk menjual kembali BBM bersubsidi yang telah berhasil dibeli. (khu/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral