Wisata Mangrove Karangkiring.
Sumber :
  • m habib

Selain Cegah Abrasi Laut, Kawasan Mangrove Karangkiring Gresik Kini Jadi Destinasi Wisata

Selasa, 31 Oktober 2023 - 13:30 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Siapa sangka, kawasan tanaman mangrove di bibir pantai perairan Gresik, Desa Karangkiring, Kecamatan Kebomas, yang awalnya dijadikan sarana untuk pencegahan terjadinya abrasi laut, kini bisa disulap menjadi sebuah destinasi wisata alternatif di tengah kota.

Dengan memanfaatkan keberadaan ribuan batang tanaman mangrove yang cukup rimbun, Pemerintah Desa Karangkiring, Kecamatan Kebomas, bersama Pengurus BUMDes, Karang Taruna dan Pokdarwis akhirnya menyulap pesisir pantai itu menjadi sebuah destinasi wisata di tengah kota yang mampu menghipnotis para pengunjung.

Destinasi wisata alam alternatif yang berada di tengah bangunan industri Gresik itu diberi nama Kawasan Mangrove Karangkiring. Di sana para pengunjung dapat menikmati hembusan angin segar dan suasana rindangnya tanaman mangrove sembari menikmati kuliner makanan ringan di beberapa gazebo yang disediakan pihak pengelola. Pengunjung yang datang juga bisa memancing ikan.

Dedik Hartono Kades Karangkiring mengatakan, kawasan Wisata Mangrove Karangkiring ini awalnya hanya berdiri sebuah pendopo untuk para nelayan desa yang dibangun sekitar tahun 2010. Selanjutnya pada tahun 2012 lalu mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata mangrove.

"Pengembangan kawasan Wisata Mangrove Karangkiring ini terus dikembangkan. Termasuk pada tahun 2019 awal saya menjabat juga ada penambahan jembatan atau geladak yang menghubungkan antar gazebo," kata Dedik Hartono, Selasa (31/10).

Masih menurut Dedik, selain dimanfaatkan sebagai kawasan wisata alam, kawasan tanaman mangrove di bibir pantai laut Gresik itu, juga dijadikan sebagai kawasan konservasi alam untuk mencegah terjadinya abrasi dan melestarikan beragam jenis biota laut.

"Alhamdulillah beberapa perusahaan yang ada di sekitar desa kami juga turut peduli dengan keberadaan mangrove di sini. Mereka sering melakukan kegiatan penanaman mangrove sebagai bagian dari CSR mereka," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral