BI Jember menggelar forum di Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Sembilan Bulan Transaksi via QRIS di Lima Kabupaten Wilayah Tapal Kuda Tembus Rp920 Miliar

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:12 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Sejak awal tahun hingga September 2023, transaksi pembayaran via QR code alias QRIS di wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember tembus Rp920 miliar. Nilai tersebut berasal dari catatan 7,6 juta transaksi yang berlangsung selama sembilan bulan.

Wilayah BI Jember meliputi lima kabupaten, yakni Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang.

Kepala Perwakilan BI Jember Gunawan menjelaskan, jumlah merchant QRIS di lima wilayah tersebut juga tumbuh signifikan sepanjang 2023. Data BI Jember menunjukkan, merchant QRIS saat ini berada di angka 349.619.

"Tumbuh 22,3 persen year to date (ytd)," kata Gunawan dalam forum “Mendorong Kemudahan Berusaha: Mengenal Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS RBA) dan Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA)” di Banyuwangi, Selasa (31/10).

Menurut Gunawan, pencapaian tersebut berkat kerja sama dengan seluruh pemerintah daerah di lima wilayah tersebut. Untuk itu, ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut berperan dalam mendorong metode pembayaran via QRIS.

"Dari segi ekonomi dan keuangan digital, seluruh pemda telah terkategori sebagai pemda digital. Diharapkan ke depannya seluruh skor Indeks ETPD di wilayah ini akan terus meningkat," tambah Gunawan.

Di sisi lain, transaksi tunai di wilayah tersebut juga mencatatkan inflow sebagaimana tren yang terjadi dalam lima tahun terakhir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral