Ribuan Warga Banyuwangi Salat Istisqa Serentak.
Sumber :
  • happy oktavia

Ikhtiar Meminta Rezeki Hujan, Ribuan Warga Banyuwangi Salat Istisqa Serentak

Kamis, 2 November 2023 - 13:23 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.comKemarau panjang yang terjadi saat ini membuat ribuan warga Banyuwangi mengikuti salat Istisqa serentak di berbagai titik pada Kamis (2/11) siang. Salat untuk meminta hujan itu digelar di puluhan titik yang tersebar di 25 kecamatan.

Di pusat kota, salat Istisqa digelar di Taman Blambangan yang iikuti oleh sekitar 500 jemaah.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani turut menjadi jemaah di lapangan tersebut. Termasuk juga para aparatur sipil negara, tokoh agama, dan warga sekitar. Termasuk ormas Islam yang juga menggelar salat Istisqa di tempat masing-masing.

Sementara di kecamatan lain, salat Istisqa digelar di ruang terbuka hijau atau tanah lapang. Salat serupa juga diadakan di sekolah-sekolah SMA sederajat seKabupaten Banyuwangi.

"Ini ikhtiar kami semuanya untuk meminta kepada Allah SWT untuk diberikan rezeki yang berbentuk hujan," kata Ipuk.

Selain salat Istisqa, kata Ipuk, beberapa upaya mengatasi kekeringan juga telah dijalankan selama kemarau berkepanjangan dampak el nino.

Pemkab telah mengirim puluhan tanki air bersih ke beberapa daerah sejak puncak musim kemarau melalui PUDAM. Lahan-lahan persawahan juga telah dicukupi kebutuhan airnya melalui pendistribusian bergilir dari dam-dam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:45
07:17
01:11
05:51
01:35
02:53
Viral