Mukernas I FK KBIHU.
Sumber :
  • sandi irwanto

Mukernas KBIHU Bahas Semua Permasalahan Haji, Termasuk Soal Istitha’ah Kesehatan Haji

Rabu, 8 November 2023 - 13:24 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FK KBIHU) menggelar Muswarah Kerja Nasional (Mukernas) I di sebuah hotel di Surabaya. Acara yang berlangsung dua hari ini mengusung tema “Melalui Mukernas FK KBIHU Kita Perkuat Tata Kelola KBIHU yang Lebih Baik, Profesional dan Akuntabel”.

Mukernas I dibuka oleh Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asisten Daerah Bidang Administrasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya mengatakan bahwa harapannya dalam mukernas ini akan dibahas tentang problematika haji yang akan memberikan solusi bagi jemaah haji di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Jatim Husnul Maram, yang menjelaskan bahwa pengelolaan keuangan haji melibatkan berbagai aspek, termasuk pembinaan, pelayanan, dan perlindungan untuk jamaah haji.

"Menjalankan tugas besar seperti haji memerlukan kerja sama dari berbagai pihak, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari KBIHU," ungkap Husnul Maram.

Maram mengingatkan bahwa KBIHU memiliki peran penting dalam memberikan bimbingan kepada calon jemaah haji.

"Dulu, pembimbingan hanya dimulai dari rumah hingga pelaksanaan haji, tetapi sekarang pembimbingan dimulai sejak calon jemaah berada di Tanah Air hingga tiba di Saudi Arabia. Ini adalah langkah yang positif untuk memastikan jemaah haji lebih mandiri dalam menjalankan ibadahnya," paparnya.

Dalam konteks ini, KBIHU diharapkan untuk dikelola dengan tata kelola yang profesional dan akuntabel. Seiring dengan jumlah calon jemaah haji yang terus meningkat, manajemen yang baik sangat diperlukan. KBIHU hadir dalam tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, sehingga perlu dipastikan bahwa pengelolaannya dilakukan dengan baik untuk memastikan kelancaran haji.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral