Erupsi Gunung Semeru.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Guguran Sejauh Satu Kilometer ke Arah Besuk Kobokan, BPBD: Warga Harus Waspada

Rabu, 8 November 2023 - 15:38 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Gunung Semeru (3.676 Mdpl) di Kabupaten Lumajang, dilaporkan kembali mengalami erupsi pada Rabu (8/11) siang.

Sesuai laporan yang diterima BPBD Kabupaten Lumajang dari petugas Pos Pengamatan Gunung API (PPGA) Semeru di Pos PVMBG Gunung Sawur, terekam erupsi Gunung Semeru terjadi pada pukul 10.53 WIB.

"Baru saja kami memperoleh laporan dari pos pantau jika Gunung Semeru kembali mengalami erupsi. Erupsi ini dilaporkan terjadi pada pukul 10.53 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 700 meter di atas puncak,” kata Kalaksa BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi kepada sejumlah wartawan, Rabu (8/11).

Lebih lanjut Patria menjelaskan bahwa kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal.

“Kolom abu condong mengarah ke sisi selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 2 menit 22 detik.” imbuhnya.

Sementara itu, erupsi Gunung Semeru juga disertai dengan adanya awan panas guguran (APG), yang mengarah ke Besuk Kobokan, dengan jarak luncur 1.000 meter.

“Untuk APG terjadi dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah Besuk Kobokan. Hingga sejauh ini, belum ada laporan yang masuk terkait dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya erupsi disertai APG hari ini. Meskipun demikian, kami tetap mengimbau kepada warga agar selalu berhati-hati dan waspada, terutama yang beraktivitas di sepanjang hulu hingga hilir aliran sungai yang merupakan jalur lahar semeru. Untuk status Gunung Semeru, tetap siaga atau level 3. Demi keselamatan bersama, kami juga mengimbau agar warga senantiasa mematuhi semua rekomendasi yang telah dikeluarkan PVMBG,” pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:00
01:14
02:34
06:16
02:18
Viral