Peresmian Lanal Pacitan.
Sumber :
  • agus wibowo

Perkuat Dukung Pertahanan Laut Indonesia, TNI AL Resmikan Lanal Baru di Pacitan

Rabu, 8 November 2023 - 19:54 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - TNI Angkatan Laut (AL) Republik Indonesia kini memiliki Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) baru di Pacitan.

Peresmian lanal baru yang terletak di Jalan Laksamana Malahayati No. 01, Desa Kembang, Pacitan itu dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan pada Rabu (8/11).

Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan memyampaikan, lanal Pacitan merupakan lanal pendukung yang berada di bawah kendali Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V.

Peresmian lanal ini merupakan pengembangan kekuatan serta  implementasi perencanaan strategis TNI AL dalam membangun kekuatan sistem armada senjata terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh.

"Untuk memaksimalkan kinerja, mengembangkan kembali potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim," katanya.

Keberadaan lanal di Pacitan diperlukan karena memiliki posisi yang cukup strategis, yakni di laut selatan Provinsi Jawa Timur dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Lanal Pacitan merupakan pangkalan type 'D' yang dipimpin oleh seorang Komandan berpangkat Mayor. Pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah koordinasi Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) V yang saat ini dijabat oleh Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S.H., M.Han.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral